Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membatasi Internet Untuk Mencegah Pembengkakan Budget

Agar Anda bisa lebih bijak dalam menggunakan internet maka perlu diketahui cara membatasi internet dengan baik. Teknologi ini ada tetapi masih sering kali diabaikan, padahal manfaatnya sangat bagus jika Anda mengaplikasikannya. Penggunaan internet akan lebih terkontrol dengan baik sehingga Anda juga bisa menghemat penggunaannya.

Cara Membatasi Internet

Apalagi untuk Anda yang pengeluaran untuk internetnya sering membengkak maka mengetahui cara ini sangatlah penting. Selain untuk membatasi penggunaan internet juga akan membuat Anda lebih bijak dalam memanfaatkannya. Karena ada batasan yang harus dipenuhi maka Anda akan menggunakannya untuk hal-hal yang memang penting untuk dilakukan.

Jika Anda sudah menggunakan internet 4G biasanya akan lupa diri karena kecepatan internet yang dimiliki membuat Anda menikmati saat-saat berselancar di dunia maya. Sehingga akan lebih mudah untuk lupa untuk lupa dengan batasan internet yang sudah ditentukan sebelumnya. Sehingga Anda perlu untuk mengaplikasikan cara membatasi internet dengan tepat.

Pentingnya Membatasi Penggunaan Internet 


Setiap bulannya tentu ada banyak kebutuhan lain yang harus Anda keluarkan dengan budget yang ada. Jika penggunaan internet terus membengkak maka pengeluaran Anda juga akan semakin besar. Padahal masih ada pos pengeluaran lain yang perlu untuk diperhatikan dengan baik. Sehingga Anda bisa mengatur pengeluaran secara lebih maksimal lagi.

Mengaplikasikan cara membatasi internet ini juga akan membantu Anda untuk fokus pada tujuan menggunakan internet. Mendapatkan informasi, hiburan, dan berkomunikasi dengan teman atau kerabat yang jauh adalah tujuan utamanya. Jadi Anda tidak perlu melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak perlu misalnya berkomentar tidak baik di postingan orang lain seperti yang saat ini banyak terjadi.

Anda bisa mencobanya terlebih dahulu untuk melakukan pembatasan penggunaan internet ini dan lihat manfaatnya. Tentu akan berbeda dengan sebelumnya yang Anda bisa dengan bebas menggunakan internet semaunya. Hal ini tentunya juga akan berdampak pada diri Anda secara psikologis dalam menggunakan jaringan internet dan segala hal yang ada di dalamnya untuk kepentingan yang lebih menguntungkan dan bermanfaat tentunya.

Cara Membatasi Internet 


Anda bisa memanfaatkan pengaturan bawaan yang ada dalam smartphone. Caranya adalah masuk ke menu pengaturan kemudian pilih usage atau penggunaan data. Kemudian Anda lanjut ke pilihan set mobile data limit kemudian akan muncul semacam grafik di layar ponsel Anda. Untuk menyesuaikan limit data yang akan ditentukan maka tinggal menggeser garis yang berwarna merah.

Selain pengaturan bawaan Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi tambahan untuk membantu melakukan pembatasan ini. Untuk cara membatasi internet dengan aplikasi tambahan ini tentunya install terlebih dahulu kemudian Anda akan dibawa untuk masuk ke pengaturan dalam aplikasi kemudian tinggal atur limit yang diinginkan dan apply. Setelah itu batasan ini akan langsung diaplikasikan pada ponsel Anda.

Selain menggunakan pengaturan bawaan atau aplikasi tambahan ini Anda juga bisa membatasi dari diri sendiri. Misalnya Anda bisa membuat waktu untuk bermain sosial media untuk menonton video online. Sehingga ada waktu yang terbatas untuk menggunakan internet yang agak berat jumlah datanya.

Dengan adanya pembatasan ini maka Anda bisa menikmati saat sedang menggunakan internet tanpa harus merasa bersalah karena pengeluaran yang membengkak. Fasilitas ini memang sangat memudahkan tetapi Anda harus bijak menggunakannya. Sehingga mengaplikasikan cara membatasi internet adalah salah satu solusi yang tepat untuk dilakukan dan memberikan keuntungan untuk Anda dapatkan nantinya.