Beli Token Listrik Tidak Terkontrol Karena Hal Sepele Ini


Beli token listrik adalah hal yang wajib dilakukan apalagi kalau Anda adalah pengguna listrik prabayar. Semenjak pertama kali dikenalkan oleh PLN pada tahun 2010, semakin banyak saja pelanggan yang memilih bermigrasi dari listrik pascabayar ke prabayar. Apa alasannya? Jauh lebih hemat dan mempermudah pengontrolan listrik.

Beli token listrik


Apakah memang demikian? Benar. Namun tetap saja, jika Anda menggunakan energi listrik secara boros, kendati sudah menggunakan sistem listrik prabayar, tetap saja bakal sering beli token listrik. Bahkan bisa saja, pulsa kWh listrik dengan nominal 100 ribu, bakal habis dalam waktu seminggu saja. Bukankah itu namanya boros?

Supaya tidak mengalami hal tersebut, Anda tentu harus mulai memilah kebiasan-kebiasaan mana saja yang ternyata tanpa disadari, membuat penggunaan energi listrik meningkat. Agar bisa hidup lebih hemat, berikut beberapa di antaranya yang bisa Anda hindari.

Sering Pakai Pengering Mesin Cuci


Tanpa disadari, rata-rata mesin cuci membutuhkan daya 250 - 300 watt. Dan saat menggunakan fitur pengeringan, daya yang dibutuhkan juga makin besar hingga dua kali lipat. Untuk itulah kalau bisa jangan terlalu sering memakai mesin pengering. Jika perlu, tetapkan jadwal mencuci baju setiap seminggu dua kali supaya lebih hemat.

Lupa Cabut Colokan Listrik


Inilah salah satu kebiasaan sepele yang mungkin tanpa disadari malah bikin Anda sering beli token listrik. Misalkan saja tetap memasang alat charger padahal sudah tidak mengisi ulang daya HP atau mungkin membiarkan colokan mesin cuci tetap menempel di stop kontak.

Padahal sekalipun alat elektronik itu mati, tapi jika kabelnya masih menempel di stop kontak, aliran listrik bakal tetap tersedot. Bayangkan saja jika banyak perangkat yang seperti ini, maka pulsa kWh tanpa disadari terpakai terus.

Atur Suhu Setrika Terlalu Panas


Sebagai ibu rumah tangga, tentu menyetrika adalah kegiatan sehari-hari. Hanya saja tidak semua orang paham cara memakai setrika yang hemat listrik. Banyak yang menggunakan suhu setrika terlalu tinggi supaya cepat panas dan pekerjaan selesai, padahal ini membuat daya listrik yang dibutuhkan jelas makin tinggi.

TV Menyala Tapi Tak Ditonton


Beberapa orang ada yang suka menyalakan TV bukan karena untuk ditonton. Akan tetapi supaya suasana di ruangan hidup. Jika Anda termasuk yang demikian, maka seharusnya hentikan kebiasaan tersebut. Tanpa disadari, TV menyala akan terus menyedot energi listrik. Supaya tidak sering beli token listrik, coba pertimbangkan beli TV LED.

Sering Buka Tutup Pintu Kulkas


Mungkin tak banyak yang tahu, kebiasaan sering buka tutup pintu kulkas ternyata malah bikin boros listrik. Kenapa begitu? Karena setiap kali pintu kulkas dibuka dan kemudian ditutup, kompresor bakal bekerja keras untuk membuat suhu di dalam kulkas stabil.

Dan setiap kali membuat suhu kulkas stabil, dibutuhkan energi listrik yang tentu tidak sedikit. Bahkan katanya, ketika pintu kulkas terbuka selama 30 detik, butuh 30 menit lamanya untuk membuat suhunya kembali stabil. Jadi bisa dibayangkan dong kalau Anda sering buka tutup pintu kulkas, akan membuat daya listrik tersedot banyak.

Wah, ternyat ada banyak sekali kebiasaan sepele yang malah membuat konsumsi listrik di rumah sangat boros, ya? Untuk itulah bagi Anda yang masih sering melakukan hal-hal di atas, ada baiknya untuk mulai mengubahnya. Dengan begitu, keuangan bulanan bisa jadi lebih teratur karena Anda tak perlu lagi sering-sering beli token listrik.

Belum ada Komentar untuk "Beli Token Listrik Tidak Terkontrol Karena Hal Sepele Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel