Inilah 5 Kebiasaan Buruk yang Membuat Kulkas Boros Listrik

Sering beli token listrik karena kulkas boros listrik? Tentu merupakan hal yang menyebalkan. Mau dimatikan tidak bisa karena kulkas menyimpan banyak bahan makanan. Hal inilah yang kerap kali dirasakan oleh ibu-ibu rumah tangga, jika dihadapkan pada fakta kulkas yang membutuhkan banyak energi listrik, tapi membuat pengeluaran jebol.

Kulkas boros listrik


Biasanya sebagai solusi atas kulkas boros listrik, ada yang mulai melirik keberadaan produk kulkas hemat energi. Namun tahukah Anda, kalau ternyata ada lho beberapa kebiasaan sepele yang malah membuat kulkas Anda jadi boros? Ya, kebiasaan-kebiasaan buruk ini biasanya tanpa sadar dilakukan oleh anggota keluarga yang membuat pulsa listrik cepat habis.

Atur Suhu Kulkas Terlalu Dingin


Sering membuat es batu? Maka biasanya pilihan supaya air cepat membeku adalah dengan membuat suhu kulkas menjadi sangat rendah. Apakah ini benar? Ternyata ini termasuk kebiasaan buruk yang bisa membuat kulkas boros listrik. Karena saat Anda mengatur suhu kulkas terlalu dingin, akan membuat kinerja kompresor makin berat dan lama.

Kompresor yang terus-menerus bekerja supaya suhu di dalam kulkas tetap dingin inilah yang akhirnya membuat energi listrik banyak dibutuhkan. Agar bisa hemat dan tidak sering-sering beli token listrik, ada baiknya kalau Anda mulai melakukan efisiensi energi. Suhu ideal kulkas biasanya 2-4ᵒC sementara freezer adalah -15ᵒC.

Bunga Es Dibiarkan Menumpuk di Freezer


Tanpa disadari, tumpukan bunga es di dalam freezer akan mengganggu jalur sirkulasi udara dingin, sehingga kinerja kulkas makin berat dan membutuhkan energi listrik lebih besar. Karena itu, jangan lupa menggunakan fitur defrost secara teratur agar performa kulkas maksimal.

Posisi Kulkas Dekat Sumber Panas


Jangan meremehkan posisi peletakan kulkas, apalagi jika di dapur. Usahakan kulkas tidak diletakkan di dekat sumber panas seperti kompor, magic com atau terkena sinar matahari langsut. Sumber panas akan membuat kinerja kompresor makin berat untuk menjaga suhu di dalam kulkas tetap dingin. Sehingga bisa dipastikan, kulkas boros listrik.

Kulkas Kosong Tetap Menyala

Jarang menyimpan bahan makanan di dalam kulkas dan akhirnya kosong-melompong? Maka lebih baik matikan saja. Kulkas yang kosong dan tetap menyala justru malah memakan energi listrik lebih besar. Kenapa begitu? Kulkas yang kosong menyimpan lebih banyak udara sehingga saat dibuka, udara dingin bakal keluar diganti udara hangat.

Jika sudah demikian, kompresor akan bekerja lebih keras untuk mengendalikan udara hangat yang masuk ke dalam kulkas. Artinya, kulkas bakal membutuhkan daya listrik lebih besar. Supaya tidak boros, usahakan tidak membiarkan kulkas kosong terlalu lama, tapi juga tidak terlalu penuh, karena bisa mengganggu sirkulasi udara kulkas.

Lupa Tutup Pintu Kulkas


Salah satu penyebab kulkas boros listrik berikutnya adalah kebiasaan buruk lupa menutup pintu kulkas. Pintu kulkas yang dibiarkan terbuka bisa membuat energi listrik yang dibutuhkan meningkat 7%. Faktanya, setiap pintu kulkas dibuka selama 30 detik, butuh 30 menit lamanya bagi kompresor untuk mengembalikan suhunya jadi dingin.

Selain lupa menutup pintu, kebiasaan sering buka-tutup pintu kulkas juga membuat energi listrik makin besar. Hal ini bakal memicu thermostat untuk memaksa kompresor bekerja berulang kali menurunkan udara hangat di dalam kulkas.

Dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk di atas, maka Anda akan bisa membuat performa kulkas jadi semakin baik. Kinerja kulkas yang maksimal akan membuat penggunaan listrik jadi lebih bijak. Karena bagaimanapun juga, kulkas boros listrik akan membuat pembelian token listrik jadi tidak terkontrol.

Belum ada Komentar untuk "Inilah 5 Kebiasaan Buruk yang Membuat Kulkas Boros Listrik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel