Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memahami Perbedaan Internet 3G dan 4G, Mana yang Menguntungkan

Saat ini tentu Anda sudah mengenal cukup baik adanya jaringan internet 3G dan 4G,  tentunya ada perbedaan fasilitas di antara keduanya dan Anda perlu mengetahui perbedaan internet 3G dan 4G. Dengan mengetahui perbedaan antara keduanya maka Anda bisa melihat mana yang lebih menguntungkan untuk digunakan.

Perbedaan internet 3G dan 4G



Apalagi untuk Anda yang harus selalu terkoneksi dengan internet tentunya membutuhkan jaringan yang tepat dan menguntungkan. Pertimbangan ini penting untuk dilakukan agar Anda tidak sampai salah dalam memilih jaringan. Namun memang kembali lagi bergantung pada fasilitas yang memadai di daerah sekitar Anda masing-masing. Sehingga memang harus kembali menyesuaikan dengan ketersediaan internet di lokasi-lokasi tertentu.


Saat ini jaringan 4G LTE memang dikatakan memiliki kecepatan yang luar biasa yaitu 100 Mbps. Namun memang tidak di semua daerah sudah bisa mengaplikasikan jaringan 4G ini. Maka Anda perlu menyesuaikan perangkat yang digunakan agar dapat mengikuti jaringan yang ada di sekitar semaksimal mungkin. Maka dari itu mengetahui perbedaan internet 3G dan 4G akan sangat membantu.


Perbedaan dari Internet 3G dan 4G



Banyak yang berpikir bahwa jaringan 4G karena memang kecepatannya membuat penggunaan data menjadi lebih boros. Namun pada dasarnya semua jaringan itu sama saja dan tidak ada yang bisa dikatakan lebih boros atau tidak. Teknologi 4G memang lebih unggulan karena efisien dalam penggunaan data, tetapi pada dasarnya untuk upload dan download datanya sama saja dengan jaringan lainnya.


Perbedaan mendasar yang harus Anda pahami adalah untuk 3G memang lebih mengedepankan pada layanan telepon dan SMS tetapi untuk jaringan 4G lebih pada kualitas jaringan internet. Untuk jaringan 4G LTE bisa berjalan pada frekuensi yang mana saja sehingga memang mudah untuk digunakan. Tetapi hal ini akan dibatasi oleh pemerintah untuk membagi spektrum sesuai dengan kebutuhan penggunaan internet ini.


Mengenali salah satu perbedaan internet 3G dan 4G yaitu harga. Saat ini tidak perlu khawatir karena sudah banyak provider yang menawarkan internet dengan harga murah. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan untuk Anda gunakan karena bisa berselancar dengan cepat di dunia internet tanpa harus mengeluarkan budget yang besar. Sehingga hal ini bisa menjadi pertimbangan khusus untuk Anda.


Memilih Jaringan 3G atau 4G?



Memang perbedaan yang mencolok antara kedua jaringan ini adalah layanan dan kecepatan akses yang mampu diberikan. Sisanya Anda bisa membandingkan kualitas antara provider untuk menentukan mana yang lebih menguntungkan untuk digunakan. Tentunya Anda juga harus memperhatikan apakah daerah sekitar sudah bisa menggunakan 4G atau belum, sebagai bahan pertimbangan.


Untuk Anda yang memang daerahnya sudah tercover 4G maka akan lebih baik untuk menggunakan jaringan data yang satu ini. Selain aksesnya yang lebih cepat, untuk penggunaan internet Anda juga akan lebih puas saat menggunakannya. Maka carilah smartphone yang memang sudah mendukung jaringan 4G kemudian gunakan SIM card yang juga sudah upgrade ke jaringan 4G.


Jika Anda masih menggunakan SIM card yang lama maka bisa diupgrade ke 4G tanpa harus ganti nomor. Anda bisa mendatangi kantor atau galeri untuk masing-masing provider dan  mengurusnya. Tentu langkah ini sangat mudah untuk dilakukan dan menguntungkan karena memberikan Anda kesempatan untuk mendapatkan pelayanan internet secara lebih optimal menggunakan jaringan 4G setelah mengetahui perbedaan internet 3G dan 4G dengan baik.