5 Rahasia Hemat Listrik Ala Anak Kos yang Bisa Dicoba

Melihat tagihan listrik bulanan yang terus meningkat atau sering beli token listrik, tentu membuat Anda harus mempelajari trik rahasia hemat listrik. Terutama bagi Anda yang tinggal di sebuah rumah atau kamar kos, penghematan jelas menjadi sesuatu yang wajib agar kehidupan sehari-hari tetap terpenuhi.

Rahasia hemat listrik


Saat ini memang kebanyakan pemilik rumah kos menyediakan alat meteran listrik untuk masing-masing kamar, sehingga para penghuni bertanggung jawab dengan cara membeli token listrik sendiri. Tentunya jika listrik mendadak putus atau padam dan alat meteran digital berbunyi, tandanya Anda harus segera membeli token listrik.

Namun ternyata tidak semua penghuni kos bisa menggunakan listrik secara bijak. Sistem listrik prabayar yang diklaim lebih hemat pun seolah tak terbukti, karena malah jadi sering beli token listrik. Tak ingin anggaran membengkak, berikut ini adalah beberapa rahasia hemat listrik yang bisa Anda terapkan khususnya para penghuni kos.

Cabut Peralatan Listrik Tak Terpakai


Inilah salah satu rahasia hemat listrik yang paling mudah dan sederhana tapi banyak tidak diterapkan oleh kebanyakan orang. Beberapa orang memang terkadang meninggalkan peralatan elektronik yang kabelnya tetap disambung ke stop kontak, padahal sedang tidak menggunakannya. Hal ini rupanya malah bisa membuat boros listrik, lho.

Kenapa begitu? Karena ternyata peralatan elektronik seperti TV, laptop atau komputer yang dibiarkan stand-by dan tak dipakai tetap membutuhkan arus listrik. Untuk itulah jika Anda pergi dalam waktu 1-2 jam, membiarkan perangkat elektronik dalam keadaan stand-by tidak masalah. Namun lebih dari itu, cabut saja kabelnya dari stop kontak.

Bijak Nyalakan Lampu


Salah satu penyebab daya listrik melonjak adalah penggunaan lampu yang sembrono. Bahkan ada yang tetap menyalakan lampu saat siang hari. Hal ini jelas akan membuat token listrik cepat habis. Untuk itulah ada baiknya mencari kamar kos dengan penerangan alami maksimal supaya jarang menyalakan lampu.

Hindari Pemakaian AC


Indonesia adalah negara tropis yang artinya memperoleh pancaran sinar matahari sepanjang tahun. Hal ini akhirnya membuat cuaca di Tanah Air memang cenderung panas terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Denpasar, Yogyakarta hingga Balikpapan. Tak heran kalau akhirnya kebutuhan akan AC sangat tinggi.

Namun jika Anda yang tinggal dengan menyewa rumah kos di daerah panas, usahakan untuk tidak menggunakan AC. AC justru akan membuat pembelian token listrik jadi jebol. Alih-alih AC, salah satu rahasia hemat listrik yang bisa diterapkan adalah dengan menggunakan kipas angin.

Charge Barang Elektronik di Tempat Umum


Ada adalah seorang pekerja yang membutuhkan kinerja laptop, smartphone dan peralatan elektronik lainnya di kantor? Usahakan untuk mengisi ulang daya alias charging juga di kantor. Dengan begitu Anda bisa mengurangi kebutuhan pembelian token listrik. Meskipun berkesan curang, tips rahasia hemat listrik ini sangatlah tepat.

Manfaatkan Promo Token Listrik


Dan inilah hal terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menghemat pembelian token listrik yakni dengan mencari promo. Seperti yang diketahui, Anda bisa membeli token listrik di mana saja mau lewat ATM, merchant-merchant tertentu, minimarket hingga toko kelontong. Demi menarik perhatian, beberapa merchant kerap melakukan promo.

Biasanya beberapa promo berbentuk cashback 50% atau lainnya, sehingga membuat biaya pembelian token listrik jelas semakin murah. Dengan begitu, Anda bisa menghemat pengeluaran dalam segi penggunaan listrik. Jadi, untuk menghemat pengeluaran Anda bisa menerapkan tips rahasia hemat listrik di atas.



Keyword    : Rahasia hemat listrik

Deskripsi    : 

Belum ada Komentar untuk "5 Rahasia Hemat Listrik Ala Anak Kos yang Bisa Dicoba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel