Trik Hemat Listrik yang Tepat Untuk Konsumen Rumah Tangga

Kebutuhan listrik rumah bagi beberapa konsumen memang sangat besar, maka trik hemat listrik supaya tagihan bulanan atau pembelian token listrik tak membengkak sangat dibutuhkan. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, karena memang di dalam rumah ada banyak sekali peralatan elektronik yang digunakan setiap harinya.

Trik hemat listrik


Mulai dari lampu-lampu di setiap ruangan, kipas angin atau AC saat cuaca panas, kulkas, mesin cuci, blender, TV, komputer/laptop, pembersih debu hingga ponsel setiap anggota keluarga. Seluruh peralatan elektronik itu jelas membutuhkan listrik supaya bisa berjalan yang akhirnya membuat kebutuhan listrik bulanan makin meningkat.

Tak heran kalau setiap ibu rumah tangga akan pusing memikirkan tagihan listrik bulanan yang membengkak. Begitu juga yang menggunakan token listrik, akan terus mengeluh karena cepat habis dan sering beli. Termasuk yang demikian, maka trik hemat listrik berikut ini bisa Anda coba terapkan.

Ganti Lampu dengan LED


Mungkin tak banyak yang tahu, bahwa ternyata lampu bohlam alias lampu pijar membutuhkan energi yang lebih besar. Lampu dengan cahaya berwarna kuning ini sangatlah boros, karena sebesar apapun arus listrik yang diberikan, 90% di antaranya bakal berubah jadi panas dan cuma 5% menjadi cahaya.

Karena itulah jika rumah Anda masih menggunakan lampu pijar, segeralah diganti dengan lampu LED yang jauh lebih hemat. Hanya saja beberapa orang kadang enggan membeli lampu LED karena harganya lebih mahal daripada lampu pijar. Memang benar, tapi lampu LED jauh lebih awet sehingga bisa menghemat listrik dalam jangka panjang.

Bijak Gunakan Lampu


Apakah Anda atau anggoat keluarga termasuk malas dalam mematikan lampu sekalipun tidak digunakan? Kalau begitu segera ubah kebiasaan itu. Salah satu trik hemat listrik yang cukup ampuh adalah dengan bijak menggunakan lampu. Misalkan saja lampu kamar mandi atau lampu kamar, yang setidaknya kalau siang hari dimatikan saja.

Termasuk yang tidak bisa tidur dalam kondisi gelap? Lebih baik ganti lampu dengan watt yang lebih kecil, Kendati mungkin penggunaan lampu ini cukup sederhana, tapi jika diterapkan akan bisa menghemat pengeluaran listrik bulanan.

Atur Penggunaan Alat Berdaya Besar


Konsumen rumah tangga tentu memiliki beberapa barang wajib seperti AC, dispenser, water heater, magic com, kulkas dan mesin cuci yang sangat membantu keseharian, tapi membutuhkan daya listrik besar. Supaya tetap bisa menggunakan barang-barang itu tapi pembelian token listrik jadi hemat, cobalah untuk mengatur pemakaiannya.

Rajin Cabut Steker Listrik


Inilah trik hemat listrik yang begitu mudah tapi justru paling sering lupa. Beberapa orang cenderung tidak mencabut steker listrik untuk barang yang sedang tak dipakai. Padahal sekalipun mungkin komputer dalam kondisi mati atau alat charger tak dipakai, jika tetap terpasang di stop kontak maka akan ada aliran listrik yang tetap berjalan.

Ajak Seluruh Keluarga Terlibat


Nah, ini adalah trik hemat listrik terakhir yakni dengan mengajak seluruh anggota keluarga terlibat. Menjadi hal yang sia-sia jika Anda sudah rajin mematikan lampu atau mengatur penggunaan alat elektronik, tapi pasangan atau anak masih tetap boros. Untuk itulah ajak mereka untuk menghemat penggunaan listrik juga.

Jika perlu, ungkapkan berapa tagihan dan token listrik yang harus dibayar tiap bulan, sehingga semua anggota keluarga jadi paham. Dengan adanya kesepakatan bersama maka penggunaan listrik di rumah akan menjadi lebih terkontrol, sebab dengan trik hemat listrik ini tentu penggunaan listrik menjadi lebih efisien dan hemat.



Keyword    : Trik hemat listrik

Deskripsi    : 

Belum ada Komentar untuk "Trik Hemat Listrik yang Tepat Untuk Konsumen Rumah Tangga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel