Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tempat Membeli Token Listrik yang Tepat dan Mudah

Hampir satu dekade sudah sistem listrik prabayar dikenalkan. Hanya saja masih ada yang bingung bagaimana cara membeli token listrik dengan tepat. Terutama bagi mereka yang dulunya menggunakan listrik pascabayar, berubah ke sistem prabayar memang harus mengalami penyesuaian terutama bagian pembayaran listrik.

Cara membeli token listrik

Seperti namanya, listrik prabayar memang mengharuskan Anda membeli dulu daya listrik sebelum digunakan. Mirip seperti sistem beli pulsa, prabayar memang dikenalkan oleh PT PLN (Persero) supaya masyarakat lebih bisa mengontrol penggunaan listrik. Pelanggan diharuskan membeli token listrik terlebih dulu sebelum bisa memakai daya listriknya.

Jika dulu di awal pengenalannya cuma bisa beli token di bank Bukopin atau Pos Indonesia, kini cara membeli token listrik bisa dilakukan di banyak pihak. Memangnya di mana saja sih? Simak ulasan lengkapnya berikut ini, supaya Anda tidak bingung lagi ketika pulsa kWh listrik mendadak habis di saat yang mendesak.

Membeli di Loket PPOB


Salah satu tempat terpercaya yang bisa digunakan untuk membeli token listrik adalah lewat loket PPOB (Payment Point Online Bank). Tidak sulit untuk menemukan loket PPOB, karena kini jumlahnya sudah menyebar hampir di seluruh pelosok Indonesia. Seperti namanya, PPOB merupakan loket pembayaran layaknya bank untuk berbagai tagihan.

Biasanya pengelola bisnis PPOB selain menjual token listrik, juga bisa digunakan untuk membayar tagihan listrik bulanan untuk pascabayar. Dengan sistem yang online, Anda bisa langsung memperoleh token listrik segera setelah melakukan pembayaran sesuai dengan ketentuan. Karena semakin banyak dibutuhkan, jumlah vendor PPOB juga semakin beragam.

Pembelian Melalui ATM Bank


Inilah salah satu tempat membeli token listrik yang paling banyak dipilih karena memang mudah dilakukan. Seperti layaknya melakukan pembayaran berbagai kebutuhan, ada menu pembelian token listrik prabayar yang bisa dipilih. Anda tak perlu ribet harus menggunakan uang cash, karena pembayaran langsung memotong saldo rekening.

Nanti jika proses pembelian berhasil, akan keluar struk kode token listrik yang tinggal dimasukkan ke dalam alat meteran listrik. Asalkan server PLN tidak bermasalah, Anda bisa membeli token listrik sewaktu-waktu.

Jaringan Minimarket


Dengan semakin berkembangnya perekonomian Indonesia, jumlah jaringan minimarket pun terus bertambah. Tak hanya di kota besar, menemukan minimarket di pelosok desa bukanlah hal sulit. Karena itulah pembelian token listrik kini bisa dilakukan di kasir-kasir minimarket dengan proses relatif cepat.

Marketplace atau e-Commerce


Memahami betul bahwa gaya hidup belanja online begitu diminati masyarakat, salah satu tempat membeli token listrik paling inovatif adalah melalui marketplace atau e-commerce. Hanya saja biasanya metode pembayaran yang disediakan adalah lewat dompet digital. Asalkan ada saldo dompet digital, token listrik bisa langsung dibeli.

Salah satu hal yang menguntungkan dari beli token listrik di marketplace adalah, sering menawarkan promo. Salah satunya seperti cashback 15% yang tentunya menguntungkan.

Fitur Perbankan


Kemudian tempat membeli token listrik terakhir yang bisa Anda lakukan, yakni memanfaatkan fitur perbankan. Entah mobile banking atau e-banking, kini semuanya bisa menjadi sarana pembelian token listrik. Seperti saat membeli di ATM, pembayaran biasanya bakal langsung memotong saldo rekening.

Hanya saja lewat fitur perbankan ini, Anda bisa mengaksesnya tanpa keluar rumah dan sewaktu-waktu, bahkan saat dini hari. Tak heran dengan berbagai kemudahan yang semakin ditawarkan PLN, kini jumlah pelanggan listrik prabayar semakin meningkat. Karena untuk membeli token listrik kini bisa dilakukan dengan mudah dan praktis.