Mana yang Lebih Murah, Listrik Prabayar atau Pasca Bayar?

Masyarakat Indonesia telah diberikan kebebasan untuk memilih jenis penggunaan listrik prabayar atau pasca bayar di rumah masing-masing. Akan tetapi, hampir semua rumah baru, atau rumah yang akan memasang meteran listrik kini pasti memilih untuk memasang listrik dengan system pembayaran prabayar atau popular disebut dengan listrik pulsa.

Listrik Prabayar


Banyaknya orang yang beralih dari jenis listrik pasca bayar sebenarnya tidak lepas dari peran pemerintah, tidak bisa dimungkiri bahwa kini pemerintah memang lebih banyak merekomendasikan masyarakat untuk menggunakan listrik pulsa ketimbang pasca bayar. Lalu, kini yang menjadi pertanyaan banyak orang adalah, mana yang lebih murah diantara dua jenis listrik ini.

Mengenal Perbedaan Keduanya


Sebelum kita membahas mengenai mana yang lebih hemat antara kedua jenis listrik ini, mari kita terlebih dahulu mengenali perbedaan keduanya. Listrik pasca bayar adalah layanan listrik yang diberikan oleh pemerintah, dimana Anda bisa terlebih dahulu menggunakan layanan listrik, sebanyak apapun yang Anda butuhkan, dan baru kemudian harus membayar tagihan pada setiap waktu yang telah ditentukan.

Sedangkan layanan listrik prabayar, adalah layanan listrik yang disediakan oleh pemerintah dengan skema pembayaran dimuka. Metode pembayarannya hampir sama dengan cara pengisian pulsa nomor ponsel. Jadi jika Anda ingin menggunakan listrik maka Anda harus terlebih dahulu membeli voucher, dan listrik yang bisa Anda gunakan juga hanya sebesar voucher yang dibeli.

Jika besaran voucher yang Anda beli tersebut telah habis, maka listrik rumah Anda akan mati, maka dari itu untuk mengantisipasi hal tersebut Anda harus mengisi voucher kembali sebelum habis. Pembelian voucher listrik bisa Anda lakukan melalui ATM, M-banking, beberapa aplikasi, toko online maupun e-commerce.

Keuntungan Menggunakan Listrik Pasca Bayar


Saat Anda memilih untuk menggunakan listrik prabayar maka Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan berikut :

1. Anda bisa melakukan pengontrolan listrik setiap hari.

2. Anda tidak perlu khawatir rumah akan didatangi oleh petugas PLN untuk melakukan pemutusan listrik karena telat membayar listrik.

3. Saat pulsa listrik Anda akan habis, Anda tidak perlu khawatir, karena Anda bisa dengan mudah mendapatkan voucher listrik kembali melalui minimarket, toko online, ATM atau m-Banking.

4. Privasi rumah Anda akan lebih terjaga karena tidak akan ada petugas yang mendatangi rumah Anda.

5. Sistem listrik Anda akan lebih aman karena memiliki 20 digit kode listrik unik.

Keuntungan dan Kerugian Listrik Pasca Bayar.


Tidak hanya listrik prabayar saja yang memiliki keuntungan, karena sebenarnya listrik pasca bayar pun juga memiliki beberapa keunggulan, di antaranya adalah :

1. Anda Tidak perlu repot-repot melakukan isi daya berulang-ulang

2. Tidak perlu lagi takut sewaktu-waktu listrik akan mati karena voucher habis.

Meskipun begitu, listrik pasca bayar juga memiliki beberapa kekurangan, di antaranya yaitu :

1. Jika Anda menggunakan listrik yang melampaui batas maka Anda akan mengalami pembengkakan pembayaran.

2. Jika terlambat membayar tagihan listrik, maka izin penggunaan listrik akan dicabut.

3. Privasi kurang terjaga karena petugas PLN sering mendatangi rumah untuk melakukan cek meteran.

Ada Perbedaan Tarif Antara Listrik Prabayar dan Pasca Bayar

Selama ini banyak yang beranggapan bahwa listrik pasca bayar lebih hemat jika dibandingkan dengan prabayar, padahal nyatanya tidak demikian, kita ambil contoh, jika seorang pelanggan menggunakan listrik pulsa golongan R-1 900 VA tarif listrik yang akan dikenakan adalah Rp 1.325/kWH. Dan untuk pengguna pasca bayar mereka juga akan dikenakan tarif yang sama yakni Rp 1.325/KWH.

Jadi intinya, menggunakan jenis listrik yang mana saja itu kembali pada keputusan masing. Anda hanya perlu mempertimbangkan kembali mana yang lebih menguntungkan dan memudahkan Anda. Karena nyatanya, dari segi biaya, baik listrik pasca bayar maupun listrik prabayar, keduanya sama saja tergantung pemakaian Anda.

Belum ada Komentar untuk "Mana yang Lebih Murah, Listrik Prabayar atau Pasca Bayar?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel