Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Peluang Bisnis PPOB Untuk Kemajuan Ekonomi Masyarakat


Anda pasti sudah sering mendengar mengenai bisnis PPOB, yang merupakan singkatan dari Payment Point Online Banking, yaitu bisnis berbasis jasa metode pembayaran satu loket. 

Bisnis PPOB

Jadi, bagi orang-orang yang akan membayar tagihan bulanan seperti tagihan PLN, PDAM, Telkom, pulsa prabayar, dan lain-lain kini tinggal membayar melalui PPOB yang tersedia di smartphone. 

Metode pembayaran PPOB ini, menggantikan metode pembayaran SOPP yang sebelumnya dianggap kurang efektif, dalam memberi pelayanan pembayaran tagihan PDAM dan lainnya.
 
Maka dari itu, kini hadirlah PPOB menjadi fasilitas untuk pembayaran tagihan yang lebih efektif dan efisien. Karena sekarang ini, sudah banyak aplikasi di smartphone yang mendukung bisnis PPOB ini.

Sistem PPOB ini terkoneksi dengan perbankan yang bersangkutan, dan menggunakan sistem satu loket di mana dalam satu komputer bisa melakukan berbagai macam pembayaran, bahkan kini sudah tersedia layanan pembayaran leasing dan voucher game online. 

Karena kemudahan tersebut, kini banyak orang yang memilih untuk menjadi agen PPOB mengingat peluang bisnisnya yang besar.

Biasanya agen PPOB ini adalah orang yang sebelumnya telah menjalani bisnis pulsa, mereka yang berbisnis pulsa kini beralih menjadi agen PPOB karena memang cakupannya lebih luas dan bisa mendatangkan keuntungan lebih besar. 

Akan banyak sekali orang yang berminat menggunakan layanan agen ini, maka dari itu PPOB sangat membantu perekonomian masyarakat.

Simak Persiapan Sebelum Memulai Sebuah Bisnis PPOB


Jika Anda sudah mulai tertarik dengan bisnis PPOB ini, Anda perlu menyiapkan beberapa hal agar bisnis dapat berlangsung dengan lancar kedepannya. 

Bisnis ini bisa dibilang satu ranah dengan bisnis pulsa elektrik, namun akan sedikit lebih rumit karena fasilitasnya yang melayani segala jenis pembayaran selain pulsa saja. 

Simak persiapannya dibawah ini:


  • Sediakan Komputer dan Printer.
Sebelum memuali bisnis, Anda memerlukan sebuah komputer untuk bisa melakukan transaksi dengan lancar. Berbeda dengan bisnis pulsa elektrik yang bisa di operasikan melalui hp biasa, bisnis ini memerlukan komputer yang terkoneksi dengan internet. Selain itu, Anda juga memerlukan printer untuk mencetak bukti pembayaran yang diperlukan oleh pelanggan.

  • Sediakan UPS (Uninterrptible Power Supply).
UPS ini merupakan alat yang mirip dengan powerbank pada hp, yang berfungsi untuk menjaga komputer agar tetap menyala. Karena saat bisnis berlangsung, komputer akan dibutuhkan 24 jam dan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan maka komputer harus tetap nyala disertai dengan UPS sebagai pendampingnya agar tidak mati.

Bisnis PPOB Sederhana dengan Smartphone di Rumah


Setelah Anda menyiapkan berbagai alat untuk melengkapi kegiatan bisnis layanan PPOB, hal yang paling penting adalah Anda harus mendaftar menjadi agen di webmaster terpercaya. 

Setelah Anda resmi mendaftar, Anda harus mengisi deposit awal sebagai modal sekitar 500 ribu hingga 5 juta. Jika Anda ragu saat mendaftar, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu.

Jika Anda merasa berat dengan persiapan seorang pebisnis layanan PPOB yang memerlukan banyak alat, Anda bisa melakukan bisnis sederhana hanya dengan smartphone dan koneksi internet yang Anda miliki. Hanya dengan mendownload aplikasi penyedia PPOB, Anda sudah bisa mulai menjalankan bisnis kecil-kecilan di rumah.

Hanya saja bisnis yang dijalankan melalui aplikasi di smartphone akan memakan biaya adm yang lebih besar, dari pada agen yang sebelumnya mendaftar terlebih dahulu ke webmaster. Namun tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba, karena bisnis PPOB di smartphone tidak memerlukan modal yang besar.