Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembayaran BPJS online

Pilih Metode Pembayaran BPJS Online Agar Mudah dan Cepat!

Anda mungkin sudah tidak asing dengan istilah pembayaran BPJS online, yang merupakan sebuah metode pembayaran tagihan BPJS secara online. BPJS merupakan sebuah asuransi kesehatan yang awalnya dikelola oleh PT. Askes Indonesia (Persero) sejak tanggal 1 januari 2014, yang kemudian berubah menjadi BPJS dan didasari oleh Undang-undang no 24 tahun 2011.

Pembayaran BPJS online

Asuransi kesehatan BPJS kemudian menjadi hal yang wajib dimiliki oleh pekerja di seluruh Indonesia, dikenal dengan istilah BPJS keselamatan kerja. Maka dari itu, jumlah peserta BPJS sejak 2015 semakin bertambah banyak. Hal itulah yang membuat pengelola BPJS memutuskan untuk membuat layanan pembayaran secara online, agar mempermudah masyarakat dalam proses pembayaran.

Pembayaran iuran bulanan BPJS dilakukan setiap bulannya paling lambat tanggal 10, jika terjadi keterlambatan dalam pembayaran maka peserta akan dikenakan denda sebesar 2%, sesuai jumlah nominal setiap peserta. Jumlah yang harus dibayarkan pun berbeda-beda, untuk kelas I sebesar Rp. 80.000, kelas II Rp. 51.000, dan kelas III sebesar Rp. 30.000. 

Metode Pembayaran BPJS Online dan Offline

Banyak sekali opsi pembayaran BPJS online maupun offline, pada awalnya pembayaran BPJS ini harus dilakukan melalui kantor BPJS itu sendiri. Namun kini Anda bisa membayar iuran bulanan BPJS offline tanpa harus mendatangi kantor BPJS, Anda bisa melakukannya di beberapa gerai yang bekerja sama dengan perusahaan BPJS. Simak apa saja metode tersebut: 

1. Kantor BPJS.

2. Kantor Pos.

3. Bank BRI, Mandiri, BTN, BNI serta m-bankingnya.

4. ATM BRI, Mandiri, BTN, BNI.

5. Seven Eleven, Alfamart, Circle K, dan Indomaret.

6. Loket PPOB dengan biaya admin Rp. 2500.

Pembayaran akan lebih mudah jika dilakukan melalui loket PPOB, karena hanya melalui smartphone saja Anda sudah bisa melakukan pembayaran BPJS online secara aman, cepat, dan akurat. Pembayaran dengan metode ini bisa dibilang metode pembayaran yang paling efektif dan efisien, karena Anda tidak perlu kerepotan lagi untuk pergi ke loket pembayaran.

Jika Anda menginginkan metode pembayaran yang lebih efisien lagi, Anda bisa melakukan pembayaran melalui m-banking yang sudah disebutkan di atas. Lalu Anda bisa mengaktifkan fitur autodebit, maka saldo rekening Anda setiap bulannya akan otomatis terpotong untuk membayar biaya iuran bulanan BPJS. Dengan cara ini Anda akan terhindar dari lupa membayar tagihan.

Keuntungan Berbisnis Loket Pembayaran BPJS Online (PPOB)

Bergabungnya BPJS dengan sistem pembayaran PPOB, membuat peluang bisnis semakin meningkat bagi kalangan masyarakat dengan ekonomi kecil menengah. Jika dahulu Anda harus melakukan pendaftaran ke bank tertentu untuk membuka loket PPOB dengan syarat yang sedikit rumit, kini Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan smartphone.

Sudah banyak aplikasi di smartphone yang menyediakan fasilitas bagi Anda yang ingin membuka loket PPOB sendiri, termasuk di dalamnya menyediakan fasilitas pembayaran secara online bagi masyarakat yang ingin membayar iuran bulanan. Anda bisa mengambil keuntungan banyak, mengingat jumlah peserta BPJS sekarang semakin banyak. Hal ini membuat BPJS turut membangun ekonomi masyarakat.

Masyarakat di sekitar Anda pasti akan memilih untuk membayar tagihan melalui PPOB yang terdekat, karena jika harus memilih opsi pembayaran yang lain hanya akan memakan waktu saja. Belum lagi proses antrean yang akan menghabiskan cukup banyak waktu, maka dari itu pembayaran BPJS online merupakan opsi yang paling banyak dipilih masyarakat.